Selasa, 16 September 2014

Kaptain Rider sedang melakukan  Ice Bucket Challenge (foto Indra Hutapea)
Pernah mendengar Ice Bucket Challenge? Ya, sebuah gerakan dan tindakan nekad dimana orang ramai-ramai menyiram dirinya dengan seember air es. Setelah selesai “berbasah kuyup ria” kemudian menyebar tantangan kepada siapa lagi yang ingin menyiram dirinya.

Di Indonesia terutama di kota besar seperti Jakarta, gerakan ini juga sudah mulai mewabah. Pada Peringati Hari Pelanggan Nasional, Minggu 7 September 2014 lalu di sekitar Patung Kuda dekat Monas Jakarta misalnya, Hanan Supangkat, Dirut Rider Group sebuah brand pakaian dalam pria dan anak, melakukan Ice Bucket Challenge.

Tidak hanya itu. Pihak Rider juga memberikan donasi kepada ALS Foundation dengan melakukan #RIDERicebucketchallenge. Di sela kegiatan itu, mascot Rider yang bernama 'KAPTEN RIDER' menantang pimpinan Rider, Hanan Supangkat, melakukan Ice Bucket Challenge tersebut.
Tantangan tersebut diterima, dan pada saat itu juga melakukan Ice Bucket Challenge. Rider juga menantang para konsumen atau pelanggannya untuk melakukan hal yang sama dan mengirimkan foto atau videonya ke Facebook dan Twitter Rider.

                                                                          *******
Ice Bucket Challenge merupakan trend yang saat ini sedang berkembang di Amerika dan juga mungkin mewabah ke seluruh dunia. Trend yang juga dikenal sebagai ALS Ice Bucket Challeng ini dilakukan dengan menyiram seember air es ke kepala. Hal tersebut merupakan kampanye untuk meningkatkan kesadaran penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS).

Gerakan sosial Ice Bucket Challenge diikuti oleh banyak orang termasuk para pesohor. Gerakan ini telah berhasil meraih donasi sebesar 80 juta dolar AS untuk diberikan kepada ALS Research untuk mengobati para penderita penyakit saraf.

Aktor terkenal Leonardo DiCaprio misalnya, tak melewatkan momen gerakan sosial yang sa
ngat menarik perhatian sedunia ini. Dengan rambut berantakan dan janggut yang dibiarkan tumbuh panjang, Leo yang saat itu mengenakan kacamata dan jaket warna biru tua, terlihat pasrah dan tersenyum sat seember air jatuh tepat di atas kepalanya dan membasahi wajah serta tubuhnya. Leo pun menyumbangkan uang pribadinya sebesar 100 ribu dolar AS untuk ALS Research.

Selain Leo, aktris Jennifer Aniston, Olivia Wilde, Reese Witherspoon  dan penyanyi Rihanna juga telah menerima tantangan disiram seember aie es. Mereka ikut menyebarkan kesadaran kepada banyak kalangan di dunia untuk mau membuat perubahan dan memberi kepada sesama.

                                                                           *******
Di dalam negeri sendiri, penyanyi sekaligus pencipta lagu Melly Goeslaw juga pernah menantang Ibu Negara dan juga Jokowi. Perempuan asal kota kembang Bandung ini menantang Ibu Negara Ani Yudhoyono dan Presiden RI terpilih periode 2014 - 2019 Joko Widodo dalam tantangan Ice Bucket Challenge.


"Hi saya Melly Goeslaw saya terima tantangan @ckjessica walaupun susah ngaplodnya nih. Dan sekarang saya menantang ibu @aniyudhoyono, Joe Taslim, Band Gigi, dan presiden terpilih bapak Joko Widodo untuk menerima tantangan saya #icebucketchallenge #alsicebucketchallenge #als," tulis Melly pada keterangan video yang diunggah melalui akun media sosial miliknya.

Melly menerima tantangan Ice Bucket Challenge dari Chika Jessica. Dalam video tersebut vokalis grup band Potret ini duduk di kursi memakai jilbab dan baju tertutup. Seorang bocah laki - laki dari belakang datang dengan membawa ember berisi air es. Tidak butuh lama seember air es itu langsung diguyur ke Melly Goeslaw.

Selain menantang Jokowi dan juga Ibu Negara, Melly juga memberikan tantangan kepada grup band GIGI dan Joe Taslim. Joe Taslim diketahui sudah melakukan tantangan tersebut.
Sedangkan Jokowi, Ibu Ani Yudhoyono, dan grup band GIGI belum melakukan tantangan ice bucket challenge, walaupun banyak sejumlah selebriti yang memberikan tantangan tersebut kepada mereka.

                                                                            *******

Pada peringati Hari Pelanggan Nasional beberapa waktu lalu, sebanyak 250 karyawan Rider menyaksikan pimpinan mereka melakukan Ice Bucket Challenge dengan menyiram tubuh dengan air usai melakukan parade simpatisan yang diikuti juga puluhan perusahaan lainnya di area car free day.

Pawai yang yang mengambil start di depan gedung Arthaloka, Sudirman hingga berakhir di RRI, Medan Merdeka Barat ini, para karyawan membagikan produk kepada masyarakat yang tengah beraktifitas pada momen 'Hari Bebas Kendaraan' itu.

Direktur Utama Rider Grup, Hanan Supangkat, mengatakan, keikutsertaan dalam kegiatan brand activation movement ini, untuk menyapa dan bersilaturahmi dengan konsumen atau pelanggan di Indonesia yang telah setia memilih Rider sebagai produk pakaian dalam.

"Kami memberikan kepuasan kepada konsumen melalui good quality produk dan kini hadir dengan produk yang menyasar pada segmen anak muda dengan design yang lebih sporty," kata Hanan yang ditemui pada even itu.

Untuk menghibur para konsumen/pelanggan, Rider menyuguhkan Flash Mob Dance dengan menampilkan Rider Icon. Pria-pria berotot yang menggunakan boxer RIDER berpose dan membuat histeris masyarakat yang hadir pada saat itu di kawasan Patung Kuda - Monas. Selain itu, hadir pula selebritis untuk menguatkan world of mount melalui followers para celebrities tersebut.

Sekedar untuk diketahui, ALS atau Amyotrophic Lateral Sclerosis, sebagaimana yang menimpa Stephen Hawking, adalah penyakit degenerasi saraf motorik yang progresif atau makin lama makin buruk. Saraf pada otot motorik atau pergerakan, mulai dari otak ke sumsum tulang belakang lalu ke otot, mengalami degenerasi atau penuaan. Akibatnya, otot motorik atau otot lurik yang berfungsi sebagai pergerakan tidak dapat menerima perintah otak.

Selain itu, pada sumsum tulang belakang tampak pengapuran di bagian samping (lateral). Itu sebabnya, disebut lateral sclerosis. Hingga kini, 90% penyebab ALS belum bisa diketahui, sedangkan 10% penyebabnya adalah faktor genetis dan lingkungan.

Sayangnya, belum ada obat yang bisa mengobati penyakit ini sampai tuntas. Penyakit ini memang sulit dicegah, namun secara umum kita harus meningkatkan kekebalan tubuh, baik dengan diet dan olahraga yang baik, plus mengonsumsi asupan vitamin dan antioksidan.

"Kami berharap kegiatan seperti ini dapat dijadikan contoh positif dan secara berkesinambungan terus ditingkatkan di masa-masa yang akan datang, baik dari Awarness maupun CSR Rider," katanya.

Menurutnya, strategi PR melalui social media saat ini sangat penting dilakukan oleh brand agar terjalin management antar brand dengan konsumennya. ***


Karyawan Rider ikut berpartisipasi pada peringatan Hari Pelanggan Nasional (foto Ist)



0 komentar:

Posting Komentar