Minggu, 05 September 2010

DKM AL-MUHAJIRIN PURI CENDANA
BEKASI GELAR 'SEMARAK RAMADHAN'

DEWAN Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Muhajirin, Perumahan Puri Cendana, Desa Sumber Jaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, telah menyelenggarakan berbagai kegiatan sebelum dan selama bulan suci Ramadhan 1431 H. Antusias jamaah mengikuti acara tersebut cukup tinggi, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua.

"Kegiatan ini tak lain adalah dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, serta lebih mengoptimalkan nilai ibadah para jama’ah di bulan suci Ramadhan," kata Agis Sugiana, Sekretaris DKM Al-Muhajirin kepada Harian Terbit.

Adapun bentuk kegiatan tersebut, di antaranya tarhib ramadhan, shalat tarawih, kultum ramadhan, ifthor jama’i (buka puasa bersama), peringatan nuzulul qur’an, kuliah subuh, kuliah sore, santunan anak yatim, pengelolaan zakat infaq shodaqoh (ZIS), shalat Idhul Fitri.

Menurut Agis, tarhib ramadhan yakni acara yang dikemas secara kolektif menyiapkan bekal ilmu, dan mental jamaah menyambut Ramadhan dengan sikap yang benar. Tarhib ini dilaksanakan dalam dua bentuk kegiatan, yaitu untuk jamaah dewasa disampaikan Ustadz K.H Hidayatullah Nawawi, BA Pimpinan Pondok Pesantren Umar Ibnu Khottob, Pulo Murub – Sukatani Kabupaten Bekasi.

Tarhib untuk anak-anak. Konsep acara dibuat santai tapi meriah. Dengan duduk lesehan diisi ceramah Ananda Uffarah, da’i cilik santri Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Masjid Al-Muhajirin, dilanjutkan pawai keliling mengitari perumahan dan diakhiri pemutaran film anak-anak bernuansa islami.

"Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an. Karena itu, hendaklah kita berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka wajib berpuasa sebanyak hari yang ditinggalkannya sesuai firman Allah SWT dalam QS : Al-Baqarah : 185," kata Agis.

Yang tak kalah menarik, acara kultum Ramadhan setiap malam menghadirkan penceramah dari luar, di samping memanfaatkan potensi penceramah dari jama’ah Masjid Al-Muhajirin. Juga Ifthor Jama’i (Buka puasa bersama). Masing-masing pengurus RT menyediakan hidangan ta’jil untuk umum yang datang ke masjid.

Begitupun acara kuliah subuh, kuliah sore, antusias jamaah cukup tinggi, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. Sedang santunan anak yatim yang dikemas dalam acara ”Bhakti Sosial Ramadhan 1431 H”, berupa pembagian bingkisan lebaran kepada anak yatim di perumahan dan sekitarnya.

"Melalui para koodinator pengumpul dana di masing-masing RT, Alhamdulillah dapat terkumpul bantuan dana tunai sebesar Rp. 5.605.000,-. Dana tersebut sepenuhnya disalurkan kepada anak yatim sebanyak 57 anak yang diberikan berupa dana tunai. Pembagian bingkisan dilaksanakan setelah kuliah dhuha oleh penceramah Ustadz Zaenal Muttaqin," kata Agis.

Ustadz Zaenal menyampaikan pentingnya bagi kaum muslimin untuk dekat kepada anak
yatim, sebagaimana yang telah dicontohkan Rasulullah SAW. Ia berharap kegiatan ini menjadi kegiatan rutin agar anak-anak yatim ini menjadi manusia-manusia sukses, menjadi kebanggaan orang tua dan penyantunnya (aliem).

0 komentar:

Posting Komentar