Sabtu, 06 November 2010



KAMPUNG ARTIS -- Festival Pesona Kampung Artis dibuka Kepala Suku Dinas Pariwisata Jakarta Timur Kris Irawan, kemarin. Kampung Artis selama ini menjalankan usaha di bidang syuting, perfilman, dan rekaman. Dari tempat tersebut menurutnya, telah banyak melahirkan artis-artis besar. (Foto : NUR ALIEM)

Kampung Artis Jaktim,
masih perlu dibenahi

JAKARTA -- Masih banyak yang perlu dibenahi di Kampung Artis Cipayung, Jakarta Timur. Namun pengelolanya optimis bisa berkembang sebagai industri pariwisata jika mendapat dukungan dari semua pihak baik dari pemerintah, pengusaha, perbankan, dan investor.

"Tanpa dukungan tersebut, sudah pasti tidak akan berhasil sebab Kampung Artis membutuhkan kerja sama. Kita tidak bisa berjalan sendiri," kata Direksi Manajemen Kampung Artis, Inge Chao, di sela-sela Festival Pesona Kampung Artis yang dibuka Kepala Suku Dinas Pariwisata Jakarta Timur Kris Irawan, kemarin.

Inge Chao mengatakan, Kampung Artis selama ini menjalankan usaha di bidang syuting, perfilman, dan rekaman. Dari tempat tersebut menurutnya, telah banyak melahirkan artis-artis besar.

“Usaha yang kini berjalan ternyata berjalan sukses, dan ke depan di Kampung Artis akan mengembangkan usaha lain berbasis masyarakat sebagai penunjang dunia kepariwisataan dibidang entertainment perfilman education. Bagi yang berminat untuk belajar syuting, menyanyi, seni rupa, dan lainnya dapat belajar di kampung artis,” ajak Inge.

Selain rencana tersebut, pihaknya juga akan mengembangkan studio animasi yang sudah sangat populer diseluruh dunia sesuai dengan kemajuan teknologi.

“Kami berharap dengan majunya Kampung Artis dapat ikut memajukan perekonomian di Jakarta Timur dan dapat membuka peluang pekerjaan bagi masyarakat. Diharapkan juga kegiatan tersebut menjadi awal dari kerjasama antar Kampung Artis dengan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur dalam industri pariwisata,” ujarnya.

Kepala Suku Dinas Pariwisata Jakarta Timur Kris Irawan mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Kampung Artis Cipayung kepada para pengusaha dan diharapkan mereka nantinya tertarik untuk menanamkan investasi di kawasan tesrsebut.

“Kampung Artis hanya ada satu di Kota Jakarta yaitu di Jakarta Timur. Diharapkan dapat dijadikan objek wisata dan itu sudah merupakan mimpinya Pemkot Jakarta Timur,” kata Kris saat memberikan sambutan.

Agar dapat menarik bagi wisatawan, menurut Kris, banyak fasilitas yang harus dibenahi. Diantaranya berupa penginapan, panggung dan aula untuk pendidikan berakting sehingga apabila nanti ada turis asing yang datang ke Kampung Artis bisa menginap dan ikut merasakan
berakting.

“Kalau perlu direkam dan dijadikan souvenir untuk mereka bawa pulang ke negaranya, dan souvenir dalam bentuk rekaman juga merupakan bentuk promosi untuk mengenalkan Kampung Artis," papar Kris.

Rencananya di Kampung Artis akan dibangun studio animasi dan langkah ini perlu didukung. Menurut Kris, saat ini banyak anak muda yang mahir dalam industri kreatif, seperti di Jakarta, Bandung, Bali, dan Yogjakarta.

“Memang usaha ini tidak akan berjalan apabila tidak ada dukungan dari para pengusaha, karena memang usaha Studio Animasi ini memang dibutuhkan kerjasama yang baik antara manajemen Kampung Artis dengan para pengusaha,” katanya.

Menurut Kris, jika rencana Kampung Artis menjadi objek wisata terwujud, maka nantinya Kampung Artis akan menjadi salah satu ikon Kota Jakarta dan tentunya Jakarta Timur.

“Seluruh warganya pasti akan bangga karena Kampung Artis berada di wilayah Jakarta Timur, sebab Kampung Artis ini merupakan mutiara yang terpendam yang perlu kita kembangkan," tukasnya. (aliem)

0 komentar:

Posting Komentar