Jumat, 03 Juni 2011

Terkena perluasan gedung PKB,
SDN 01-03 Rawabunga dipindah

JAKARTA -- Kepala Seksi Pendidikan SD Sudin Dikdas Jakarta Timur, Mangatur Sinaga, mengatakan gedung SD Negeri 01 dan 03 Rawabunga, Jatinegara, dipastikan akan dipindahkan dan lokasinya akan dimanfaatkan untuk perluasan gedung Pusat Kesenian Betawi (PKB) yang menggunakan gedung eks Kodim 0505 Jakarta Timur.

'Ratusan siswanya belum diketahui akan dipindahkan ke sekolah mana, jika rencana tersebut terealisir," kata Mangatur Sinaga, sambil menambahkan kalau dirinya sendiri belum tahu pasti apakah gedung SDN Rawabunga 01 dan 03 itu akan diruslag (tukar guling), atau dilebur dengan SDN yang lain.

"Saya belum tahu persis apakah akan diruslag atau dilebur ke sekolah lain. Belum final, sebab masalah ini baru sebulan lalu dirapatkan. Data-datanya sendiri sudah kami serahkan ke Dinas Pendidikan DKI Jakarta," kata Mangatur Sinaga, Jumat (3/6).

Saat ini, kata Mangatur, di gedung berlantai dua yang ditempati SDN 01 (bagian bawah) dan 03 (bagian atas) ini menampung sekitar 400 orang siswa masing-masing 200 siswa SDN 01 dan 200 siswa lagi SDN 03. Idealnya satu gedung sekolah menampung 240, atau 40 siswa setiap kelas.

"Tapi bukan karena persoalan siswanya yang kurang sehingga ada rencana dipindahkan atau dilebur ke sekolah lain. Hanya karena ada kepentingan lain yang dianggap lebih mendesak," kata Mangatur, ketika ditanya apa alasan Pemprov DKI Jakarta memperluas gedung Pusat Kesenian Betawi yang mengambil areal gedung SDN 01 dan 03 Rawabunga.

Meski kini sudah rapi setelah dipugar dengan biaya miliaran rupiah, masih perlu dibenahi bagian belakangnya dengan pembangunan gedung baru dan lahan parkir. Untuk penambahan lahan seluas 2.000 meter persegi (m2) itulah, direncanakan menggunakan lahan SD Negeri Rawabunga 01 dan 03, namun masih negosiasi antarpihak terkait.

"Diperkirakan baru tahun 2012 mendatang, gedung Pusat Kesenian Betawi di Jakarta Timur itu dibuka," kata Mangatur Sinaga.

Untuk lahan tambahan, kata Walikota, ada kemungkinan memanfaatkan lahan SDN Rawabunga 01 dan 03. Kedua sekolah itu muridnya total 400 orang. Melihat jumlah murid sebesar itu, ada dua opsi, yakni sekolah itu direlokasi ke lahan baru yang masih dicari atau dileburkan ke SD negeri lain terdekat.

Kasudin Kebudayaan Jakarta Timur Husnison Nizar menambahkan, di bagian belakang gedung eks Kodim itu akan dibangun gedung baru untuk pertunjukan seni budaya di Jakarta Timur, sedangkan gedung eks Kodim akan digunakan untuk galeri seni budaya Betawi. (aliem)

0 komentar:

Posting Komentar