Senin, 26 Desember 2011

TAK PERNAH terbayangkan sebelumnya bisa hadir di Purwakarta dan bergabung
dengan komunitas guru dan para blogger. Meski latar belakang saya seorang
jurnalis (wartawan) yang setiap hari bergelut dengan penyusunan kata-kata
melalui komputer, namun secara jujur masih asing dengan dunia blog.

Tapi mulai detik ini, berani saya katakan bahwa dengan mengikuti kegiatan
Training of Trainer ICT ini, saya mulai akrab dan mulai terbiasa dengan ICT.
Itu bermula saat secara kebetulan membuka facebook dan menemukan segudang
kegiatan dari Komunitas Bloger Bekasi bekerja sama Ikatan Guru Indonesia
(IGI) Kota/Kabupaten Bekasi. Mulai dari pelatihan pembuatan blog guru hingga
seminar tentang guru tangguh berhati cahaya. Keduanya berlangsung di ruang
rapat Pemkot Bekasi.

Begitulah awal perkenalan itu. Maka ketika kegiatan berikutnya digelar di Purwakarta, saya tidak buang-buang waktu lagi dan ikut mendaftar sebagai peserta. Pagi-pagi di Senin (26  Desember 2011), saya sudah meluncur ke Islamic Center Bekasi bersama isteri yang kebetulan seorang guru TK.
Sesaat kemudian, saya sudah bergabung dengan sejumlah 120 guru TK, SD, SMP,
SMA dari berbagai sekolah di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang,
Bekasi (Jabodetabek) dan Karawang, mengikuti pelatihan calon pelatih bidang
teknologi informasi dan komunikasi (Training of Trainer Information
Comunication Teknologi - ToT ICT) di Indosat Training and Conference Center
(ITCC), Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari (26-27 Desember 2011) ini,
digelar hasil kerja sama Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota/Kabupaten Bekasi,
Komunitas Blogger Bekasi (Blogger Bekasi.com) dengan Indosat. Selama
pelatihan, peserta menerima materi dan praktek berkaitan dengan pemanfaatan
ICT dalam pembelajaran di sekolah.

"Kami dari kalangan guru sangat berterima kasih, bisa menambah
wawasan mengenai ICT yang selama ini belum kami pelajari. Insya Allah ilmu
ini sangat berguna untuk ditularkan baik kepada sesama guru, juga terutama
kepada anak didik," kata Siti Rabiah, S.Pd, Kepala TK Islam Raihan, Wisma
Jaya, Bekasi Timur. 

Penasehat Komunitas Blogger Bekasi dan IGI Kota/kabupaten Bekasi
Wijaya Kusumah (Omjay) mengatakan, ke-120 guru dari wilayah Bekasi dan
sekitarnya yang mengikuti training ini, adalah peserta training lanjutan
setelah sebelumnya mereka mengikuti pelatihan blog di Islamic center dan
kantor Pemkot Bekasi beberapa waktu lalu.

"Semua kegiatan itu, alhamdulillah didukung penuh oleh Indosat yang
peduli dengan dunia pendidikan. Karenanya diharapkan dari kegiatan ini para
guru  dapat memanfaatkannya di sekolah-sekolah mereka, khususnya tentang
pemanfaatan blog dan jejaring sosial dalam dunia pendidikan," kata Omjay,
panggilan akrab Wijaya Kusumah.

Beberapa materi yang diberikan, ternyata cukup menarik. Misalnya
materi pelatihan dengan topik "Sekolah Berbasis ICT dan Pemanfaatan ICT
Dalam Pembelajaran" disampaikan Dr Sony Trilaksono dan Agus
Sampurno,"Creative Blogging With Indosat Pustekkom" leh Elga Yulwardian/Endy
J Kurniawan Hasan, "Menulis dan Mengelola Blog Secara Kreatif" oleh Dedi
Dwitagama dan Wijaya Kusumah.

Esok harinya, peserta diberikan materi "Pemanfaatan sosial Media dan
Domain Berbayar" oleh Ajeng dan Vavai, dilanjutkan "Praktek Blog Berbasis
Wordpress" disampaikan Irfan dan Yulef. Saya sudah tidak sabar lagi menunggu
materi tersebut. Menunggu inilah, rasanya seolah menanti kekasih yang bakal
bertemu esok harinya. Akh, bisakah malam ini mata saya terpejam? (Saya
menyudahi tulisan ini sambil berharap tidak bangun kesiangan esok harinya).

Sekian.

4 komentar:

  1. Subhanallah....2 hari yang melelahkan, sekaligus mengurangi rasa haus akan ilmu untuk saya yang sangat minim pengetahuan terlebih tentang IT, 2 hari ini membuka fikiran yang selama ini memndang bahwa IT lebih bnayak mudharat nya ketibang manfaatnya, dan ternyata paradigma saya salah yang terlalu percaya pada dogma orang2 yang apatis terhadap kemajuan teknologi...bahwa benar mendidik anak adalah sesuai dengan zamanya, bravo IGI, Bravo Indosat, Bravo Guru Indonesia....salam blogger pak Nur....

    BalasHapus
  2. Terima kasih komentarnya bu.... saya juga merasa wawasan saya bertambah. Itu sebabnya saya tuangkan dalam tulisan di blog ini....salam blogger juga ya bu? samapai ketemu pada pertemuan blogger selanjutnya...

    BalasHapus
  3. Pak Nur Aliem, mohon bimbingannya ya...harus banyak belajar dari bapak, ternyata orang yang duduk di sebelah saya pada saat TOT adalah seorang jurnalis handal...kenapa baru sekarang saya tahu, kalau saat itu saya tahu, maka saya akan minta sharing pada bapak.
    Salam Guru Blogger

    BalasHapus
  4. Pak Arebyne, jangan begitulah, kita ini sama2 belajar, biasa2 saja. Malah anda yang lebih hebat, begitu saya lihat blognya yang berbasis wordpress. Terus terang, saya iri. Betapa tidak, saya mulai bergabung dan mengikuti pelatihan blog guru ke-2 yg digelar di ruang rapat walikota Bekasi, diteruskan di ToT Jatiluhur Purwakarta, sampai sekarang blog saya: www.korantua.wordpress.com belum rampung-rampung juga, bahkan acak-acakan karena sy tidak tahu bagaimana mengisi foto, memberi asesoris. Makanya, saya tekuni dan balik saja ke blog ini(sudah lama menganggur dan jarang disentuh -- mirip lagu Jablay, jarang dibelai, hehe) yang berbasis blogspot ini. Saya harus akui itu. Nah, soal jurnalis ya sedikit2 ngertilah, boleh sharing...... oke, salam, teruslah menulis.....

    BalasHapus