Minggu, 22 Januari 2012

Menghadiri “Kumpul Jurnalis Untuk Kebebasan Pers 2012″

REP | 22 January 2012 | 14:40 21 2 Nihil


13272827431220762272
Ndoro Kakung sedang memberikan materi “Menggaet Audens di Era Sosial Media”. Banyak tips dan kiat menarik yang disampaikan Ndoro Kakung mengenai soal ini, namun karena ruang di halaman ini terbatas, maka akan saya bikin tulisan tersendiri. (foto: Nur Aliem Halvaima).
SEMINGGU sebelum acara digelar, saya sudah berdoa — mudah-mudahan tidak ada tugas kantor atau urusan keluarga — hingga bisa leluasa datang menghadirii undangan teman-teman dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta, yang dikirim melalui milis. Hajatannya: “Kumpul Jurnalis Untuk Kebebasan Pers 2012” di Hotel Santika, Jakarta – Sabtu pagi, 21 Januari 2012, pukul 09.00 – 17.00 WIB.
Tapi manusia memang hanya bisa berencana. Terbukti, pada hari H, tepatnya Sabtu, 21 Januari 2012 pagi, ponselku bordering. Ada tugas liputan pagi untuk sebuah acara Muscab (luar biasa) sekaligus pelantikan pengurus satu Ormas di Jakarta Selatan. Supaya kedua acara ini bisa dihadiri, saya datang lebih pagi ke Mampang, tempat acara digelar. Namun acara baru dimulai pukul 11.00 WIB dan berakhir sudah menjelang sore, sekitar pukul 14.00 WIB.
Perjalanan cukup jauh di tengah Kota Metropolitan yang tiada hari tanpa macet dengan arus lalulintasnya ini, tentu memerlukan perjuangan tersendiri. Apalagi disaat yang sama, Ibukota tengah diguyur hujan lebat – terutama jalur yang saya lewati mulai dari Mampang, Jakarta Selatan menuju Slipi, Palmerah, Jakarta Barat – sungguh cukup merepotkan.
13272824751143449822

Spanduk acara "Kumpul Jurnalis" (Ft: NAH)

Maka sudah bisa ditebak. Saya terlambat tiba di lokasi acara “Kumpul Jurnalis” ini. Itu juga berarti, saya sudah pasti ketinggalan beberapa sesi di hajatan AJI Jakarta ini. Ya, sudah. Apa boleh buat. Acara inti dan seremonial sudah selesai. Disusul, seminar bertajuk: “Prospek Kebebasan Pers 2012: Dikepung Jerat Regulasi dan Oligarki Politik Media”, juga terlewatkan dengan sukses.
Masih ada Paralel Workshop

Untungnya, masih ada kegiatan “Paralel Workshop”. Tapi acara inipun sudah berlangsung dan telah berjalan pertengahan. Buru-buru mengisi daftar tamu dan masuk ke salah satu ruangan. Setelah mendapat satu kursi kosong di bagian belakang, saya melihat di depan Pak Wicaksono –lebih dikenal dengan sebutan popular di dunia maya dengan nama Ndoro Kakung.com (Pemimpin Redaksi PlasaMSN.com) sedang memberi materi: “Menggaet Audens di Era Sosial Media”. Banyak tips dan kiat menarik yang disampaikan Ndoro Kakung mengenai soal ini, namun karena ruang di halaman ini terbatas, maka akan saya bikin tulisan tersendiri.
Di ruang sebelah, juga tengah berlangsung materi yang disampaikan Kemal Jufri, fotografer lepas, pemenang World Press Photo 2011, dengan topik “Fotografi Untuk Jurnalis Multimedia”.
Sementara Harry Suryadi, Freelancer, Knight International Journalism Fellow, mantan Ketua Sociey of Indonesian Environmental Journalists-SIEJ, juga tengah menggelar materi “Jurnalisme 2.0 : Peluang untuk Jurnalisme Warga (Citizen Journalism)”.
 Selesai “berbagi ilmu” dengan Ndoro Kakung, saya segera menunaikan shalat Ashar yang sudah mepet waktu. Di saat bersamaan juga masuk waktu jeda/istirahat dan peserta lalu mengerumuni penganan kecil, kopi dan teh manis.

Sisa waktu yang masih ada, saya kemudian bergabung ke ruangan sebelah dimana Pak Halim Mahfud, praktisi komunikasi, mantan jurnalis dan praktisi penyiaran, membawakan materi “Menggagas Relasi Ideal Jurnalis dan Kehumasan di Era New Media”. Tak banyak yang bisa tersisa di kepala. Acara menjelang ditutup, sesi sudah masuk tanya jawab.

Ketua AJI Jakarta, Wahyu Dhyatmika dan Sekretarisnya Umar Idris, dalam undangan milisnya menyebutkan bahwa acara “Kumpul Jurnalis” ini digelar untuk para rekan-rekan jurnalis, mahasiswa, blogger, jurnalis warga, dan pemerhati media.

“Khusus untuk workhsop, peserta harus melakukan registrasi kepada panitia, mengingat
ruang yang terbatas hanya untuk 20-25 peserta,” kata Wahyu Dhyatmika. Pada kesempatan yang sama, juga diumumkan nama-nama wartawan pemenang “Apresiasi Jurnalis Jakarta 2011”. (Ada tulisan khusus untuk satu ini).
Sekian, salam
tulisan ini pernah dimuat di http://media.kompasiana.com/new-media/2012/01/22/menghadiri-kumpul-jurnalis-untuk-kebebasan-pers-2012/

0 komentar:

Posting Komentar