Rabu, 05 November 2014


AEON Mall tengah dibangun (foto: Nur Terbit)
PUSAT belanja bernuansa Jepang, hadir di Bekasi Jawa Barat dan Tangerang Banten. Mereka digandeng oleh pengembang papan atas, Sinarmas Land. Potensi subsektor ritel masa depan ini diprediksi sangat prospektif, terutama pusat belanja untuk kalangan kelas menengah atas (middle up). Hal tersebut dimungkinkan karena densitas populasi masyarakat dengan stratifikasi sosial dan ekonomi menengah atas – terutama di kedua kawasan itu terus bertambah.

"Di antara kawasan Jadebotabek, Tangerang dan disusul Bekasi, adalah kawasan yang sangat aktif dalam pengembangan ritel. Tahun ini, kawasan Tangerang memasok dua pusat belanja, satu di antaranya yakni AEON Mall," ujar Associate Director Research Colliers International Indonesia, Ferry Salanto, dalam sebuah paparan tinjauan pasar ritel Jadebotabek, awal Oktober 2014 lalu di Jakarta.

AEON Mall yang dibangun di areal milik Sinarmas Land di Bumi Serpong Damai (BSD) City ini, dirancang seluas 75.000 meter persegi di Tangerang. Pusat belanja yang sedang dibangun tersebut, Rabu 29 Oktober 2014 lalu kami kunjungi sebagai komunitas blogger atas undangan Sinarmas Land. Rencananya, mal ini akan diisi oleh pengecer-pengecer asal Jepang dan juga peritel Indonesia. Pusat belanja itu menggenapi kehadiran mal eksisting dengan segmen kelas menengah lainnya yang sudah ada di Tangerang.

Di tengah hujan deras yang mengguyur BSD City hari itu, kami para blogger mendapat penjelasan melalui pemutaran video tentang AEON yang serba Jepang itu. Selain pusat perbelanjaan, juga akan dilengkapi dengan gedung pusat kebudayaan Jepang. Menurut Neng Atikah, staf Marketing Sinarmas Land yang memandu acara ini, di Jepang sebagai Negara asal mal ini, terdapat lebih dari 200-an mal grup AEON yang tersebar di negeri Sakura tersebut.


Komunitas blogger menuju AEON Mall di BSD City (foto: Nur Terbit)

Dipandu Neng Atika, Kang Chandra dan Sebastian dari Sinarmas Land,  selanjutnya kami para blogger diajak naik ke bus berkeliling melihat-lihat jalannya pembangunan AEON dan ICE, satu gedung pertemuan berskala internasional. 

"Dua proyek besar inilah yakni ICE dan AEON yang menjadi andalan dari Sinarmas Land,” kata Neng Atikah, yang hari itu menjadi MC sekaligus pemandu kunjungan blogger.


AEON Mall, menurut penelusuran saya di internet yang dibenarkan oleh Mbak Atikah, adalah  raksasa ritel Jepang AEON co ltd ini. Disebutkan bahwa AEON telah bekerjasama Sinarmas Land dengan saham AEON sebanyak 70 % dan Sinarmas Land 33%, dengan total dana Rp 2,5 triliun diperuntukkan membangun fasilitas mal BSD City ini. 


AEON adalah pengembang sekaligus operator pusat perbelanjaan terbesar di Jepang. Inilah mal pertama yang dibangun di Indonesia, dengan memilih kawasan Bumi Serpong Damai Tangerang. Yang membedakan dengan mal-mal lainnya yaitu gaya dan tampilannya sangat “Jepang” sekali.

Menurut Chandra Iman Winata, staf humas (PR) dari Sinarmas Land, pengembang tempatnya bekerja ini sebelumnya sudah berhasil membangun kawasan Grand Wisata Bekasi, Kota Wisata Cibubur, BSD City Tangerang dan Kota Deltamas Cikarang. 


"Keseluruhan pembangunan ICE dan AEON di BSD City, diperkirakan akan rampung bulan Mei 2015 nanti,” kata pria yang akrab disapa “Kang Chandra” ini. 

Selain Tangerang, Bekasi juga menjadi bidikan AEON Group sebagai pemain ritel sekaligus pengembang Jepang. Dalam catatan Colliers International Indonesia, AEON Group masuk pasar Bekasi dengan mengembangkan pusat belanja seluas 90.000 meter persegi di Kota Deltamas dan akan beroperasi pada 2015 mendatang.




Menyaksikan pemutaran video soal AEON Mall dan ICE di Jasmine Room BSD City Tangerang (foto: Dian Kelana)
Blogger Bunda Sitti Rabiah mejeng di Sinarmas Land Plaza BSD City (foto: Nur Terbit)
Penulis ikut narsis di pintu masuk Sinarmas Landa Plaza BSD City (foto: Nur Terbit)


0 komentar:

Posting Komentar